Waktu yang Tepat untuk Beli Saham, Calon Investor Wajib Tahu!

Cara Membeli Saham

Sebagai calon investor, satu hal yang wajib Anda ketahui adalah bagaimana cara membeli saham dan kapan waktu yang tepat untuk membelinya. Setelah itu, baru Anda bisa menentukan saham mana yang baik untuk Anda beli. Lalu, kapankah waktu yang tepat untuk beli saham? Apa yang harus Anda perhatikan sebelum membeli suatu saham perusahaan? Berikut ini tipsnya: 

1. Ketika Saham Undervalued

Salah satu saat tepat untuk membeli saham adalah ketika sedang undervalued. Namun demikian, bukan berarti semua saham yang sedang undervalued ini wajib Anda beli. Cek prospek masa depan perusahaan untuk pertumbuhan dan keuntungan. 

Teknik penilaian utama adalah analisis Discount Cash Flow (DCF), yang mengambil proyeksi arus kas masa depan perusahaan dan kemudian mendiskontokannya kembali ke masa sekarang menggunakan faktor risiko yang masuk akal. 

Jumlah arus kas masa depan yang didiskontokan ini adalah target harga teoritis. Logikanya, jika harga saham saat ini berada di bawah nilai ini, maka kemungkinan besar akan menjadi pembelian yang baik.

Teknik penilaian lainnya termasuk melihat pertumbuhan dividen perusahaan dan membandingkan beberapa price-to-earning (P/E) saham dengan pesaing. Metrik lain, termasuk harga penjualan dan harga arus kas, dapat membantu investor menentukan apakah suatu saham terlihat murah dibandingkan dengan pesaing utamanya. Dengan memahami hal-hal ini, Anda bisa dengan mudah menentukan kapan waktu terbaik untuk membeli saham. 

2. Ketika Saham Sudah Anda Kenali

Poin berikutnya adalah ketika Anda sudah mengenali saham tersebut. Untuk itu, penting hukumnya untuk mempelajari terlebih dahulu saham yang hendak dibeli. Dengan memiliki pengetahuan dasar mengenai perusahaan yang Anda ingin beli sahamnya, maka Anda akan dengan mudah membaca pergerakan saham tersebut. Caranya mudah, yakni bisa dilakukan dengan membaca hasil dan neraca perusahaan, serta memantau berita untuk memastikan Anda puas dengan apa yang Anda investasikan.

3. Ketika Saham Mulai Diperjualbelikan

Waktu yang tepat untuk beli saham adalah ketika 15 menit setelah pasar saham dibuka. Pembukaan 09:30 sampai 10:30 periode Waktu Bagian Timur (ET) sering kali merupakan salah satu jam terbaik dalam sehari untuk perdagangan hari, menawarkan pergerakan terbesar dalam waktu sesingkat-singkatnya. 

Banyak pedagang profesional berhenti berdagang sekitar pukul 11:30 karena saat itulah volatilitas dan volume cenderung menurun. Setelah itu terjadi, perdagangan membutuhkan waktu lebih lama dan pergerakan lebih kecil dengan volume lebih sedikit.

Itulah waktu yang tepat untuk beli saham. Yang harus Anda perhatikan adalah analisa perusahaan tersebut terlebih dahulu, ketahui pergerakannya, lalu putuskan untuk membeli sahamnya atau tidak. Dengan mengikuti waktu yang tepat serta analisa yang baik, maka Anda dapat memperoleh keuntungan yang lebih besar lagi. Selamat mencoba!

 

Leave a Reply