Mengapa Pandangan Mata Jadi Memburam pada Saat Kita Bangun Pagi?

Ketika kita bangun tidur terdapat sejumlah hal yang dialami oleh tubuh. Hal ini biasanya berupa sisa iler di ujung bibir, bau mulut yang kuat, serta pandangan memburam.

Munculnya pandangan memburam saat bangun tidur ini kerap menjadi hal yang diwaspadai banyak orang. Lantas mengapa hal ini terjadi saat kita bangun tidur?

Dilansir dari The List, secara sederhana hal ini dapat dijelaskan karena kondisi mata yang kering saat bangun tidur. Hal ini terutama bisa terjadi ketika kamu tidur dengan kipas angin atau terdapat angin yang mengarah langsung ke wajahmu.

Banyaknya udara yang mengenai mata ini menyebabkan air mata yang menempel di mata jadi mengering. Lebih lanjut, hal ini menyebabkan kamu tidak bisa melihat dengan jelas dan pandangan jadi memburam.

Dilansir dari Men’s Health, hal lain yang disebut bisa menyebabkan kondisi ini adalah karena kamu tidur telungkup dengan wajah yang dibenamkan ke bantal. Untuk mengatasi masalah mata kering ini, kamu bisa mengedipkan mata berkali-kali ketika baru bangun tidur. Hal ini bisa memproduksi lebih banyak air mata dan membantu membasahi kornea.

Gejala Penyakit Tertentu

Sejumlah pengobatan, seperti dilansir dari Healthline juga bisa menjadi penyebab terjadinya masalah ini. Konsumsi sejumlah obat seperti obat alergi, obat demam, atau obat tidur sebelum memejamkan mata bisa menjadi penyebab masalah ini.

Konsumsi obat ini bisa menghambat produksi air mata dan berujung pandangan mata buram di pagi hari. Konsumsi alkohol serta alergi juga bisa berdampak pada mata dan mengurangi jumlah air mata.

Bagi pengguna lensa kontak, kamu perlu lebih mewaspadai kebersihan mata. Ketika kamu tidur dengan tetap menggunakan lensa kontak, bakal terjadi penumpukan protein yang membuat pandangan memburam.

Pandangan memburam ini juga bisa menjadi gejala dari masalah kesehatan serius seperti diabetes. Tingginya gula darah yang merupakan penanda diabetes bisa menyebabkan mata membengkak sehingga menurunkan kemampuan mata untuk fokus.

Tingginya tekanan darah juga merupakan salah satu biang kerok dari kondisi pandangan mata memburam. Hal ini menyebabkan penutupan di pembuluh darah di sekitar mata, menghentikan suplai oksigen dan nutrisi ke mata sehingga menyebabkan terjadinya pandangan memburam.

Leave a Reply