BBM Solar subsidi

Saat ini beberapa wilayah, khususnya di Jawa dan Bali sudah melaksanakan tahap uji coba pembelian BBM solar subsidi dengan menggunakan QR Code. Terhitung sejak akhir Januari 2023 kemarin. Nah, bagi yang sudah terdaftar sebelumnya bisa langsung membeli solar subsidi sesuai kebutuhan.

Untuk kapasitas pembeliannya sendiri bisa disesuaikan dengan tangki kendaraan. Lantas, bagaimana dengan masyarakat yang belum terdaftar? Sebagai informasi, bagi yang belum terdaftar, batas pengisian BBM subsidi solar maksimal 20 liter/hari.

Apa Perbedaan BBM Bersubsidi dan Non Subsidi?

Mungkin masih ada sebagian masyarakat yang belum begitu paham dengan perbedaan antara BBM bersubsidi dan non subsidi. Perlu diketahui bahwa BBM subsidi merupakan BBM yang dibiayai pemerintah melalui APBN. Sehingga pemerintah akan terlibat dalam menentukan harga BBM.

Untuk penyalurannya sendiri, BBM bersubsidi dikhususkan bagi masyarakat tidak mampu, masyarakat miskin dan pengusaha kecil. Sementara jenis BBM non subsidi merupakan BBM yang diperjualbelikan tanpa bantuan biaya dari pemerintah.

Cara Daftar untuk Membeli Solar Subsidi Pertamina

Bagi masyarakat yang belum terdaftar di MyPertamina dan ingin melakukan pendaftaran agar bisa membeli BBM solar yang bersubsidi bisa mengikuti beberapa langkah berikut :

1.    Membuat Akun

Langkah pertama adalah membuat akun melalui situs www.subsiditepat.mypertamina.id. Silakan masukkan data diri beserta data kendaraan secara lengkap. Termasuk foto dari dokumen terkait seperti KTP, STNK dan dokumen lain kemudian self declare.

2.    Verifikasi Data

Nantinya data yang dimasukkan akan segera diverifikasi untuk mencocokkan apakah sudah sesuai dengan data yang ada pada dokumen maupun ketentuan dalam aturan subsidi BBM.

3.    Mendapatkan QR Code

Selanjutnya Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui email terkait hasil verifikasi data. Jika berhak mendapatkan subsidi BBM solar maka akan mendapatkan kode QR melalui dua cara. Yaitu fasilitas QR Code yang ada di aplikasi MyPertamina atau melalui akun yang dibuat.

Cara Membeli Solar Bersubsidi dengan Kode QR MyPertamina

Setelah berhasil melakukan pendaftaran di situs MyPertamina dan mendapatkan kode QR, maka Anda bisa langsung melakukan pembelian BBM solar subsidi di SPBU terdekat. Untuk caranya sendiri adalah seperti berikut:

  • Siapkan terlebih dahulu kode QR yang sebelumnya telah didapatkan melalui situs subsiditepat.mypertamina.id atau akun yang sudah dibuat.
  • Langkah selanjutnya adalah menunjukkan kode QR tersebut kepada operator atau petugas SPBU. Dalam hal ini kode QR bisa ditunjukkan melalui perangkat HP atau dalam bentuk yang sudah dicetak. Bagi yang tidak memiliki HP bisa dengan menginput nomor plat kendaraan.
  • Lakukan pembelian atau pengisian solar bersubsidi sesuai dengan kebutuhan kendaraan.
  • Terakhir, lakukan pembayaran dengan menggunakan metode cash (tunai) atau non tunai menggunakan kartu debit atau kredit.

Dengan melakukan pendaftaran BBM subsidi di situs MyPertamina, Anda bisa melakukan pembelian solar bersubsidi di SPBU terdekat sesuai kapasitas kendaraan. Tinggal tunjukkan kode QR yang telah didapatkan dan lakukan pembayaran dengan cara tunai atau non tunai. Gampang kan?

 

 

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *