Grab Akselerasi Ribuan UMKM di Tarakan Go Digital

Grab Indonesia makin serius mengakselerasi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) ke ranah digital antara lain dengan mengakselerasi UMKM di Tarakan, Kalimantan Utara, bergabung menjadi partner mereka. Dalam 10 bulan terakhir, Grab berhasil mengajak ribuan pelaku UMKM memanfaatkan platform Grab untuk menawarkan berbagai produk kulinernya melalui GrabFood. Region Head Kalimantan dan Rest of Indonesia Grab Indonesia Abriyani Muharommah, mengatakan pihaknya telah memiliki partner sebanyak 6 juta UMKM se Asia Tenggara.

"Kita belum bisa berikan angka resminya, kalau di Tarakan seharusnya sudah ada ribuan partner, terlebih dari wali kota tadi menyebutkan ada sekitar 13.427 UMKM di Tarakan. Jadi harusnya sudah 40 50 persem sudah onboarding di Grab," tutur Abriyani saat kunjungan ke Tarakan, Kalimantan Utara, Selasa (8/6/2021). Awalnya, Grab hadir di Tarakan dengan fokus pada penyediaan jasa transportasi seperti Grab Bike, namun sejak pandemi Perusahaan mulai memperluas jangkauannya. "Sekarang kita mulai fokus ke makanan dan layanan pengiriman. Tarakan ini juga sangat kita banggakan, dimana 10 bupan belakangan makin banyak UMKM yang bergabung ke Grab," jelas City Manager Kalimantan dan Rest of Indonesia Grab Indonesia, Rivani Juwita.

Untuk mempermudah UMKM masuk ke ranah digital, Grab menggandeng Pemerintah Kota Tarakan dan Rumah BUMN Tarakan. Dengan kerja sama dari berbagai pihak, Grab memberikan pelatihan seputar UMKM go digital, termasuk pelatihan mengambil gambar yang menarik untuk sebuah produk. "Kita ada project dengan Pemerintah Kota Tarakan, di mana untuk UMKM UMKM binaan Pemkot Tarakan itu akan kita onboarding kan ke Grab Food atau Grab Mart atau Grab Express melalui Grab Juragan Express. Jadi kalau memang dia sosial seller dan sering kirim barang lewat Grab Express kita akan masukkan ke program Juragan Grab Express atau JGE," jelas Abriyani.

Leave a Reply