Cueki Nasihat hin Tae-yong, Pelatih Ansan Greeners Bikin Asnawi Mangkualam Gacor di 3 Posisi

Pelatih Ansan Greeners, Kim Gil sik punya alasan sendiri mengapa ia tak menggubris nasihat Shin Tae yong soal posisi terbaik untuk Asnawi Mangkualam. Asnawi Mangkualam sukses mencetak assist saat Ansan Greeners FC melawan Daejon Hana Citizen pada pekan ke 8 K League 2 di Stadion Ansan Wa, Sabtu (24/4/2021). Pelatih Ansan Greeners Kim Gil sik menurunkan Asnawi Mangkualam sejak awal laga kala melawan pemuncak klasemen sementara K League 2 itu.

Kepercayaan Kim Gil sik dibayar tuntas oleh Asnawi dengan mecnetak assist yang berujung pada gol kemenangan Ansan Greeners. Tepatnya pada menit ke 81, Asnawi melakukan akselerasi di sisi kanan dan kemudian melepaskan umpan ke kotak penalti. Shin Jae min yang tanpa pengawalan langsung menceploskan bola ke gawang hasil umpan silang Asnawi.

Ansan Greeners pun menang dengan skor 1 0 atas Daejon Hana Citizen. Pasca laga, Kim Gil sik memiliki alasan tersendiri untuk menempatkan Asnawi sebagai penyerang sayap kanan. Hal ini tentunya bertolak belakang dengan nasihat dari Shin Tae yong soal posisi terbaik Asnawi beberapa waktu lalu.

"Sebelumnya, saya bicara ke head coach Ansan, Kim Gil sik. Dibanding dengan penyerang sayap, posisi Asnawi lebih cocok di bek sayap," ucap Shin Tae yong dikutip Bolasport.com dari Youtube Sports G. "Saya juga menyarankan kepada beliau untuk memainkan Asnawi sebagai gelandang bertahan," tambahnya. Kim Gil sik menjelaskan jika Asnawi memiliki tugas bertahan dan menyerang dengan porsi sama di babak pertama.

Cederanya Min Joon yeong membuat Asnawi diintsruksikan menjalani peran sebagai penyerang sayap murni di babak kedua. Plus, Ansan Greeners memang sedang memburu gol ketika laga masih 0 0. Asnawi menjalani tiga posisi, belakang, tengah, dan depan. Hal ini tentunya menjadi beban tersendiri. Saya sebelumnya sudah mencoba dia sebagai penyerang sayap ketika melawan Busan. Itu sebagai proses penyesuaian diri," kata Kim Gil sik dilansir BolaSport.com dari Sports G.

“Setelah Min Joon yeong cedera, saya mengubah formasi menjadi tiga bek, karena saya ingin memaksimalkan permainan agresif Asnawi. Asnawi tetap bermain sebagai Asnawi, formasi itu juga sudah dipahami seluruh pemain kami," tambahnya. Soal nasihat dari Shin Tae yong, Kim Gil sik mengaku tidak berniat mengabaikannya. Ia justru ingin menunjukkan kepada suporter jika Asnawi memang pemain yang berkualitas.

"Setelah mendengar masukan pelatih Shin Tae yong, saya juga ingin menjadikan Asnawi menjadi pemain lebih baik, dan memperlihatkannya kepada suporter kami bahwa dia seorang pemain dengan kualitas bagus," ujar Kim Gil sik. Lebih lanjut Kim Gil sik juga menyoroti kegagalan Asnawi mencetak gol di babak pertama. Ia tak terlalu mempermasalahkan finishing Asnawi.

Baginya, Asnawi sudah beradaptasi dengan cepat dan punya daya juang seperti pemain Korea lainnya. "Peluang mencetak gol di babak pertama sirna karena Asnawi tidak memanfaatkannya," kata Kim Gil sik. "Tak masalah, karena ia beradaptasi dengan cepat di sepak bola Korea."

"Ia sudah memiliki semangat juang seperti pemain Korea yang sangat cocok dengan tim," imbuhnya. Sejauh ini Asnawi Mangkualam sudah empat kali berlaga di K League 2 dengan total 297 menit bermain. Ini juga merupakan assist pertama yang diciptakan Asnawi Mangkualam untuk Ansan Greeners.

Leave a Reply