6 Cara Merawat Kura-Kura Peliharaan Agar Tumbuh Sehat

Bicara soal hewan peliharaan; biasanya kucing, anjing, atau burung yang lebih populer. Namun tak sedikit juga yang memilih kura-kura sebagai sahabat di rumah. Penampilan yang lucu dan sifat jinaknya menjadikan kura-kura sebagai hewan peliharaan yang ideal. Termasuk untuk anak-anak.

Satu lagi kelebihan kura-kura sebagai hewan peliharaan. Binatang ini memiliki umur yang panjang. Perawatannya pun tidak terlalu rumit.

Jenis Kura-Kura Jinak yang Populer sebagai Hewan Peliharaan

Berikut ini beberapa jenis kura-kura jinak yang cocok dipelihara di rumah.

Red Ear Slider
Indian Star Tortoise
Trachemys Scripta Elegans
Aldabra Tortoise
Leopard Tortoise
Forsten’s Tortoise
Spurred Tortoise
Cuora Amboinensis
Cherry Head Tortoise
Asian Forest Tortoise
Alligator Snapping
Radiated Tortoise
Sulcata Tortoise

Cara Merawat dan Memelihara Kura-Kura

Bagi Anda yang ingin membeli dan memelihara kura-kura, berikut ini cara mudah merawat kura-kura untuk pemula, seperti dilansir Piscespros (7/3/2021).

1. Siapkan Wadah

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah ‘rumah’ kura-kura. Siapkan wadah yang sesuai dengan ukuran tubuh kura-kura. Wadah harus memiliki area kering dan area basah. Pasalnya, kura-kura memiliki dua habitat. Jangan lupa siapkan lampu pemanas agar kura-kura bisa berjemur.

2. Perhatikan Suhunya

Kura-kura merupakan hewan berdarah dingin yang membutuhkan suhu cukup konsisten agar bisa tumbuh dengan baik. Kura-kura lebih suka hidup di suhu antara 15 hingga 32 derajat Celcius.

Beberapa jenis kura-kura bisa bertahan saat suhu turun hingga 10 derajat Celcius pada malam hari. Tetapi suhu yang lebih rendah dari itu dapat menyebabkan kura-kura sakit. Jadi, selalu perhatikan suhu di dalam ruangan tempat memelihara kura-kura.

3. Kenali Waktu Hibernasi Kura-Kura

Cari tahu kapan waktu kura-kura Anda harus hibernasi. Pasalnya, kura-kura memiliki waktu hibernasi yang berbeda-beda. Anda harus tahu berapa lama waktu hibernasinya agar Anda juga bisa menyediakan lingkungan terbaik untuk itu. Pemilik kura-kura yang lebih berpengalaman biasanya membiarkan mereka di pekarangan rumah.

4. Sediakan Makanan yang Variatif

Makanan kura-kura sebenarnya cukup bervariasi. Anda harus menyediakannya jika ingin hewan peliharaan tumbuh sehat. Misalnya makanan segar seperti selada, serangga, cacing, ikan, dan jenis sayuran lainnya. Jangan lupa diberi vitamin A untuk membantu tubuh kembangnya.

5. Jaga Kebersihan Kandang

Menjaga kebersihan kandang merupakan bagian yang terpenting. Meskipun nutrisinya terpenuhi, hewan peliharaan Anda akan tetap berpotensi terkena penyakit jika kandang tidak bersih.

Gunakan sistem filtrasi atau perangkat perawatan rutin lainnya untuk menjaga kebersihan kadang kura-kura peliharaan Anda. Jika kandang mulai berbau dan airnya sudah kotor, segera bersihkan dan ganti airnya.

6. Jangan Sering Bermain dengan Kura-Kura

Kura-kura merupakan hewan yang mudah stres saat dipegang. Jadi jangan terlalu sering memegang mereka. Lebih baik dibiarkan bebas berkeliaran di kandang atau pekarangan saja. Jangan pernah menjatuhkan atau membuang kura-kura. Pasalnya, hewan ini mudah terluka.

Demikian beberapa tips untuk memelihara kura-kura di rumah.

Leave a Reply