3 Jenis Alergi Anak yang Paling Umum Terjadi

Setiap anak pasti mempunyai kondisi tubuh yang berbeda. Hal inilah yang menyebabkan seringkali munculnya alergi. Banyak sekali jenis alergi anak yang bisa terjadi. Namun, pada umumnya ada tiga jenis yang paling sering terjadi seperti alergi makanan, alergi debu dan alergi obat.

Jenis-jenis Alergi pada Anak

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika ada tiga jenis alergi yang sering terjadi pada anak. Perlu diketahui jika penyebab alergi tersebut karena kondisi fisik anak. Selengkapnya mengenai 3 jenis alergi pada anak, berikut penjelasannya.

  1. Alergi Makanan

Salah satu jenis alergi yang paling sering dialami anak yaitu alergi makanan. Maksudnya, ada beberapa jenis makanan yang memang bisa menyebabkan alergi pada anak. Jadi, sebagai orang tua penting untuk mengantisipasi agar anak tidak mengkonsumsi makanan tersebut.

Beberapa jenis makanan yang mungkin bisa memicu alergi anak seperti telur, ikan, udang, kacang-kacangan, gandum hingga susu sapi. Jika tetap ingin memenuhi kebutuhan kalsium anak, bisa memberikan susu Pediasure yang kaya manfaat.

  1. Alergi Debu

Debu yang dimaksudkan disini bisa berasal dari spora jamur, kulit mati, bulu hewan peliharaan hingga tungau. Beberapa jenis debu tersebut bisa menjadi salah satu faktor penyebab anak alergi debu.

Bahkan, debu yang berasal dari serbuk sari tanaman atau karena lantai yang kotor juga bisa menyebabkan alergi. Biasanya Alergi yang disebabkan karena debu menyebabkan anak sering bersin-bersin dalam waktu lama.

  1. Alergi Obat

Obat juga bisa menjadi salah satu penyebab alergi pada anak. Apalagi jika obat yang dikonsumsi tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh, tentunya bisa menyebabkan alergi hingga gangguan kesehatan lainnya.

Dengan kata lain, alergi yang ditunjukkan dari reaksi obat ini sebagai bukti jika obat tersebut membahayakan tubuh. Jika energi yang ditimbulkan dari penggunaan obat cukup parah dan tidak segera hilang, segera konsultasi dengan dokter.

Kurang lebih itulah penjelasan mengenai tiga jenis alergi anak yang paling umum terjadi. Tentu dengan berbagai jenis alergi tersebut pasti ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

 

Leave a Reply